Menu Close

Akibat Makan Pedas Bagi Ibu Hamil, Bagaimana Dampaknya?

Makanan pedas adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak diminati oleh banyak orang, khususnya untuk mereka yang memiliki tingkat toleransi terhadap rasa pedas dengan cukup baik.

Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa yang menyukai makanan pedas ini akan merasa nafsu makannya meningkat ketika menikmati makanan dengan rasa pedas. Hal ini disebabkan karena makanan pedas memiliki capsaicin yang terdapat pada cabai, yang berkhasiat untuk penambah nafsu makan.

Selain dapat menambah nafsu makan dan menambah rasa nikmat di makanan. Ternyata makanan pedas dapat menimbulkan manfaat dan juga bahaya terhadap kesehatan. Namun pertanyaannya, apakah makanan pedas aman untuk dikonsumsi untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa akibat makan pedas pada ibu hamil.

Ibu hamil makan pedas tidak dilarang meski sebaiknya tidak dihindari lebih dahulu

Makanan Pedas Saat Trimester Pertama

Risiko keguguran dini yang tinggi pada trimester pertama mungkin menjadi salah satu hal yang membuat ibu hamil khawatir tentang efek samping dari mengkonsumsi makanan pedas. Namun ternyata, mengkonsumsi makanan pedas pada trimester pertama aman dan tidak akan mempengaruhi perkembangan bayi.

Makanan Pedas Saat Trimester Kedua dan Ketiga

Konsumsi makanan pedas bisa meningkatkan mulas dan refluks asam. Pada trimester ketiga, pertumbuhan janin menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan, dan makan makanan pedas dapat memperburuk kondisi ini. Jadi sebaiknya Anda bisa mengatur seberapa banyak makanan pedas yang aman untuk dikonsumsi sehingga tidak berlebihan.

Mitos Makan Makanan Pedas Saat Hamil

Ada mitos yang melekat pada makan makanan pedas dan dipercaya oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Mitos yang muncul tersebut adalah:

  • Makanan pedas bisa berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.
  • Makan makanan pedas dapat menyebabkan persalinan prematur.
  • Makanan pedas memiliki dampak menyebabkan keguguran dan cacat bawaan.

Apa Risiko dan Efek Samping Makan Makanan Pedas?

Makan makanan pedas dapat menimbulkan masalah pencernaan yang menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil. Di bawah ini adalah risiko dan efek samping akibat makan makanan pedas yang mungkin Anda alami selama masa kehamilan:

Morning Sickness: Kondisi ini sangat umum terjadi terutama pada tahap awal kehamilan karena tubuh mulai mencoba beradaptasi dengan perubahan kadar hormon. Morning sickness bisa diperparah dengan konsumsi makanan pedas apalagi dengan porsi yang berlebihan.

Mulas: Kemungkinan mengalami mulas dan mendapatkan masalah pencernaan lainnya akan semakin tinggi saat Anda hamil. Hal ini terjadi karena makanan pedas meningkatkan refluks asam yang akan memperburuk rasa sakit di perut sehingga muncul rasa mulas, terutama di bulan-bulan akhir kehamilan.

Apakah makanan pedas aman untuk ibu hamil?

Seperti yang dilansir dari Baby Canter, ternyata makanan pedas aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan tidak akan memberikan pengaruh yang buruk bagi si bayi di dalam kandungan jika dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Banyak orang yang mungkin salah paham dan menganggap bahwa makan makanan pedas ketika sedang hamil akan berbahaya. Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak benar. Makanan pedas aman, meskipun indera perasa dan sistem pencernaan Anda mungkin tidak selalu cocok dengan sensasi panas yang tertinggal setelah menyantapnya.

Meskipun aman, makanan pedas dapat memiliki efek yang tidak menyenangkan ketika dikonsumsi saat Anda hamil, terutama jika makanan tersebut cenderung berpotensi untuk mengganggu sistem pencernaan.

Tips Mengkonsumsi Makanan Pedas dengan Cara yang Benar

Untuk memastikan Anda tidak terkena dampak buruk dari bahaya makanan pedas, Anda harus mengkonsumsinya dengan cara yang benar. Caranya adalah:

  • Jangan terlalu sering makan makanan pedas yang dijual dan lebih baik membuat sendiri di rumah, supaya Anda tahu bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat makanan tersebut dengan aman.
  • Jika Anda suka untuk makan makanan pedas yang dijual, pastikan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsinya.
  • Batasi hidangan pedas hingga satu kali makan dan ubah masakan Anda jika masakan pedas tersebut membuat Anda mulas atau menimbulkan masalah untuk pencernaan lainnya.
  • Jangan terlalu memaksakan ketika Anda merasa bahwa makanan pedas yang Anda makan sudah cukup membuat lidah, tenggorokan, bahkan perut terasa panas.
  • Siapkan segelas susu untuk menetralisir rasa pedas yang dirasakan akibat makan pedas.

Meskipun makanan pedas biasanya aman selama kehamilan, jika dikonsumsi dengan porsi yang terlalu banyak mungkin akan berdampak buruk terutama untuk Anda yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif.

Sebaiknya Anda menyiapkan segelas susu untuk mencegah perut terasa mulas akibat makan pedas. Selain susu, madu juga dapat membantu mencegah sakit maag setelah makan hidangan pedas.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai masalah kehamilan dan lainnya, tanyakan saja langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *