Menu Close

Bunda Harus Tahu, Ini 5 Tips Memberi Snack untuk Bayi 7 Bulan

Memilih snack bayi 7 bulan yang bagus untuk si kecil memang perlu pengetahuan khusus. Bunda pun tidak boleh sembarangan memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Well, usia ini merupakan masa peralihan jenis makanan yang tadinya lembek ke makanan ringan. Ini adalah fase dimana ketangkasan bayi mengambil makanan semakin meningkat. Si kecil pun mulai semakin aktif memegang makananya sendiri. Sayangnya, di usia 7 bulan cengkramannya belum terlalu kuat sehingga snack yang dipegang rentan lepas. Bunda pun harus sering-sering memantau keadaan si kecil. 

Heinz Biskuit Bayi 7 Bulan ke Atas Rasa Apel 60 g harga terbaik

Ini Tips Memberi Snack Untuk Bayi Usia 7 Bulan 

Bunda yang memiliki bayi usia 7 bulan sebaiknya tak hanya mengatur jenis snack yang dikonsumsi si kecil. Perhatikan pula cara memberi makannya. Beberapa tips berikut ini sangat penting Bunda lakukan:

1. Pilih Jenis Snack yang Lembek

Di usia 7 bulan, gigi bayi belum utuh sempurna. Kekuatan mengunyah dan menggigitnya pun belum terlalu kuat. Untuk itu, Bunda bisa memberikan snack dengan tekstur yang lembut semacam pasta, mie, roti, pisang, serta sayur-sayuran. 

2. Potong Snack Sekecil Mungkin

Karena lingkar mulut dan kualitas mengunyahnya masih belum sempurna, bunda perlu memotong snack kecil-kecil. Ini supaya bayi tidak tersedak dan siap menerima makanan. Setidaknya Bunda harus memotongnya ukuran 1,5 inci. 

3. Hindari Beberapa Jenis Snack

Tidak semua makanan bisa dikonsumsi bayi usia 7 bulan. Bunda setidaknya wajib menghindari makanan semacam sayuran mentah, kacang-kacangan yang keras, daging yang alot, serta permen karet yang lengket. Ini supaya bayi terhindar dari resiko tersedak saat makanan. 

4. Analisa Pelan-Pelan Jenis Snack yang Dikonsumsi

Alangkah baiknya bila Bunda tidak langsung berganti jenis snack secara terlalu cepat. Sebaiknya lakukan analisis terhadap jenis snack tertentu untuk meminimalisir terjadinya alergi. Cara ini memudahkan Bunda untuk antisipasi ke depannya 

5. Tetaplah Menyusui Si Kecil

Usia bayi 7 bulan merupakan fase perkenalan terhadap makanan-makanan yang lebih padat, namun tetap bertekstur lembut. Meski begitu, tidak serta merta bayi meninggalkan kebiasan konsumsi ASI secara langsung. Perlu diingat bagi Bunda untuk tetap menyusui atau memberikan susu formula sesuai dengan jadwalnya supaya gizi bayi terpenuhi. 

6. Pastikan Bayi Makan Pada Posisi Tegak

Bunda sebaiknya mengatur sikap duduk bayi supaya tegak saat makan. Tujuannya adalah untuk menghindari tersedak. Tetaplah mengawasi saat si kecil sedang makan sendirian. 

7. Pastikan Snack yang diberikan Sudah Matang

Penting untuk memberikan makanan yang sudah matang pada bayi. Bayi usia 7 bulan pun pasti akan kesulitan mengunyah wortel yang mentah. Jadi, sebaiknya Bunda memasak dulu hingga makanan atau snacknya sudah matang. 

Sepenting Itukah Memberi Snack Pada Bayi 7 Bulan?

Tentu, tidak semua usia bayi boleh diberikan snack. Nah, di usia 7 bulan inilah adalah waktu yang tepat bagi Bunda untuk melatih kunyahan dan gigitannya. Kenapa? Tentu saja karena di usia sebelumya (4-6 bulan), adalah masa pertumbuhan gigi si kecil. Barulah di umur ke 7 bulan gigi bayi tumbuh dan siap mengunyah, meski belum sempurna. 

Memberikan snack pada bayi usia 7 bulan adalah cara untuk mengenalkannya pada rasa dan tekstur yang berbeda dari makanan. Selain itu, tahapan ini adalah pengenalan terhadap perilaku makan secara mandiri. Bayi usia 7 bulan mampu meraih dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Namun, cengkramannya tidak seberapa kuat sehingga tetap diperlukan peran orang dewasa untuk mengawasi. Seiring berkembangnya usia, kemampuan perilaku makan pun akan semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *