Menu Close

Clodi Bayi, Popok Kain yang Bisa Dipakai Kembali

Selain menggunakan popok sekali pakai, Anda juga bisa memasangkan popok kain pada bayi Anda. Popok jenis ini dikenal juga dengan sebutan clodi bayi.

Berbeda dengan popok biasa, popok jenis ini memungkinkan Anda untuk memakainya kembali setelah dicuci atau dibersihkan. Bagi sebagian orang, ini mendatangkan keuntungan berupa penghematan dari segi keuangan. 

Clodi bayi dapat dicuci dan digunakan berkali-kali.

Jenis-jenis clodi bayi

Tidak semua popok kain memiliki bentuk, jenis, dan fungsi yang sama. Ada beberapa jenis clodi yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Clodi prefold

Jenis clodi ini merupakan popok kain yang telah dilipat dan dijahit bagian tengahnya, membuat bagian tengah ini menjadi lebih tebal dibandingkan dengan bagian lainnya. Zaman dulu, selain dibuat dari kain, clodi prefold juga bisa terbuat dari bahan alami seperti bambu dan rami.

Dari semua jenis clodi yang ada, clodi jenis prefold memiliki harga yang cenderung paling murah. Karena, jenis popok ini dirancang dengan bentuk yang sederhana dan terbuat dari bahan yang sederhana pula.

  • Clodi hybrid

Clodi bayi jenis hybrid dirancang untuk memudahkan pemakaian seperti saat memakai popok sekali pakai. Jenis popok ini terdiri dari bagian penutup luar yang tahan air, serta dua lapisan penyerap di bagian dalamnya. Lapisan penyerap ini juga terbuat dari kain.

Sisipan kain yang digunakan sebagai daya penyerap tambahan berbentuk persegi panjang. Bagian sisipan ini dibuat dari campuran berbagai macam bahan kain, mulai dari katun, serat mikro, rami, serta tambahan ultra penyerap.

  • Clodi dengan saku

Ada juga jenis popok clodi yang sudah lebih berkembang, yaitu clodi yang dilengkapi dengan fitur saku. Saku ini nantinya bisa dipakai sebagai tempat menambahkan sisipan, supaya popok menjadi lebih tebal dan daya serapnya menjadi lebih baik.

Anda bisa mengatur sendiri berapa banyak jumlah sisipan yang ingin ditambahkan. Ini memudahkan Anda untuk memasang popok pada bayi Anda sesuai dengan kondisi bayi.

Keuntungan mengganti popok sekali pakai dengan clodi

Seperti yang sudah disampaikan di awal, bagi sebagian orang, memakai clodi bisa menghemat biaya pengeluaran untuk membeli popok. Namun, selain itu, ada beberapa keuntungan lain yang juga bisa Anda rasakan, seperti:

  • Ramah lingkungan

Saat ini, penting bagi setiap orang untuk mengingat pentingnya melestarikan lingkungan. Menggunakan popok sekali pakai hanya akan menambah jumlah sampah atau limbah bagi lingkungan. 

Berbeda halnya apabila Anda menggunakan popok clodi bayi. Karena bisa dicuci dan dipakai kembali, maka Anda bisa mengurangi jumlah sampah di lingkungan Anda. 

  • Mengurangi risiko alergi 

Beberapa bayi bisa saja memiliki kondisi kulit yang sensitif. Mereka rentan mengalami reaksi alergi dari kandungan kimia tertentu yang digunakan pada popok sekali pakai.

Menggunakan popok kain bisa menjadi alternatif bagi bayi yang memiliki sensitivitas terhadap kandungan kimiawi tertentu. Ini akan lebih aman, apalagi jika Anda mencuci popok kain dengan sabun yang dikhususkan untuk pakaian bayi.

Di satu sisi, meskipun menggunakan clodi bisa mendatangkan banyak manfaat, clodi ini mungkin juga bisa membuat Anda sedikit lebih kesulitan dalam memakaikan popok. Karena Anda harus memastikan popok bisa dibersihkan dari kotoran, maka pemakaian ini tidak praktis bagi Anda sebagai orang tua.

Meski begitu, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada popok kain seperti clodi bayi. Karena, masih ada beragam manfaat lain yang bisa Anda rasakan dari pemakaian jenis popok tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *