Menu Close

Daftar Layanan Klinik di RSUD Kota Surakarta

RSUD Kota Surakarta merupakan rumah sakit umum daerah yang berlokasi di Banjarsari, Kabupaten Boyolali. RSUD Kota Surakarta merupakan Rumah Sakit terakreditasi KARS sebagai Rumah Sakit tipe C. Rumah Sakit ini memiliki jam operasional selama 24 jam. Selain itu, RSUD Kota Surakarta juga memiliki beberapa layanan klinik yang cukup lengkap seperti berikut ini.

1. Klinik Spesialis Penyakit Dalam

RSUD Kota Surakarta memiliki dokter spesialis penyakit dalam, yang bertugas untuk mendiagnosis, pengobatan, dan perawatan di seluruh spektrum dari kesehatan hingga penyakit kompleks. Mereka sangat terlatih dalam mendiagnosis masalah medis dalam perawatan berkelanjutan penyakit kronis, dan dalam merawat pasien dengan lebih dari satu penyakit. 

2. Klinik Spesialis Bedah

Klinik spesialis bedah di RSUD Kota Surakarta  adalah sekelompok ahli bedah praktik yang berfokus pada pasien dan berlokasi strategis untuk memberi pasien akses ke prosedur bedah yang dibutuhkan. Spesialis beda umumnya bisa melakukan beberapa tindakan seperti, bedah bariatrik, bedah payudara, bedah umum, bedah plastik, podiatri, bedah onkologi bedah, bedah vaskular dan endovaskular dan vena. 

3. Klinik Spesialis Anak

Klinik spesialis anak adalah spesialisasi medis yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa muda (hingga usia 21 tahun). Dokter yang mempraktekkan pediatri disebut dokter anak.

Dokter spesialis anak biasanya dibagi menjadi dua kelompok utama:

– Dokter anak umum, mengabdikan praktik klinis mereka untuk cakupan luas pediatri daripada satu area dalam spesialisasi medis. Kebanyakan dokter anak umum berpraktik dalam pengaturan rawat jalan, di mana mereka melayani sebagai penyedia perawatan primer untuk anak-anak. 

– Hospitalist pediatrik adalah dokter anak umum yang berpraktik terutama di rumah sakit, memberikan perawatan bagi anak-anak yang memerlukan rawat inap.

– Subspesialis anak adalah dokter anak yang telah melakukan pelatihan lanjutan untuk menjadi ahli dalam satu bidang pediatri. Latihan mereka mungkin berfokus pada bagian tubuh tertentu (seperti jantung atau paru-paru), satu jenis penyakit (seperti infeksi atau kanker), atau kelompok usia tertentu (seperti bayi baru lahir atau remaja).

4. Klinik Spesialis Kandungan

RSUD Kota Surakarta memiliki spesialis kandungan atau ginekolog. Mereka adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam kesehatan wanita, dengan fokus pada sistem reproduksi wanita. Mereka juga menangani berbagai masalah, termasuk kebidanan, atau kehamilan dan persalinan, masalah menstruasi dan kesuburan, infeksi menular seksual (IMS), gangguan hormon, dan lain-lain.

5. Klinik Spesialis Mata

Dokter mata adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam perawatan medis dan bedah mata dan sistem visual, dan juga dalam pencegahan penyakit mata dan cedera. Mereka dapat berupa dokter kedokteran (MD) atau dokter osteopati (DO). Sementara dokter medis fokus pada diagnosis dan pengobatan penyakit tertentu, ahli osteopati berkonsentrasi pada hilangnya struktur dan fungsi di berbagai bagian tubuh yang disebabkan oleh penyakit.

Dokter mata di RSUD Kota Surakarta telah memenuhi syarat, dokter mata yang telah dilisensikan oleh dewan pengawas negara bagian untuk mendiagnosis, merawat, dan mengelola kondisi yang memengaruhi mata dan sistem visual. Mereka bertugas untuk melakukan perawatan mata total, yang berarti layanan penglihatan, pemeriksaan mata, perawatan mata medis dan bedah, serta diagnosis dan pengobatan penyakit dan komplikasi penglihatan yang disebabkan oleh kondisi lain, seperti diabetes.

Selain klinik di atas, RSUD Kota Surakarta juga memiliki banyak layanan klinik lainnya seperti Klinik Spesialis Syaraf, Klinik Spesialis THT, Klinik Spesialis Kulit, Klinik Spesialis Anestesi, Klinik Spesialis Radiologi, Klinik Spesialis Bedah Urologi, Klinik Spesialis Gizi, Klinik Spesialis Patologi, Klinik Spesialis Konservasi Gigi, Klinik Spesialis Jiwa. Anda juga bisa langsung melakukan booking melalui website resmi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *