Menu Close

3 Jenis Facial saat Hamil yang Aman Dilakukan

3 Jenis Facial saat Hamil yang Aman Dilakukan

Facial saat hamil memang tidak dilarang karena aman. Namun, tentu tidak semua jenis facial aman dilakukan. Facial adalah perawatan yang akan menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Banyak wanita menyukai aktivitas yang satu ini. Meski aman untuk wanita hamil, perawatan berupa facial ini tentu perlu dipilih-pilih dulu, jangan asal digunakan.

Apakah Facial saat Hamil Aman Dilakukan?

Seperti yang dijelaskan bahwa facial aman dilakukan oleh ibu hamil. Apalagi wanita hamil yang memiliki berbagai masalah kulit. Kulit wanita memang cenderung jadi lebih sensitif saat hamil. Sehingga melakukan perawatan wajah memang penting dilakukan agar kulit wajah tetap sehat.

Hanya saja, tidak semua facial yang aman bagi ibu hamil. Perawatan yang menggunakan bahan kimia atau terapi panas tidak diperbolehkan karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

Facial yang menggunakan kombinasi zat atau kandungan bahan aktif tertentu juga dilarang bagi ibu hamil. Kandungan tersebut berupa benzoil peroksida, asam salisilat, retinoid, dan sebagainya yang diberikan dalam dosis tinggi. 

Bahan-bahan aktif tersebut bisa menyerap ke dalam pembuluh darah dan berisiko membahayakan janin. Oleh karena itu, pastikan sebelum melakukan facial, Anda memberitahu staf salon atau klinik kecantikan yang didatangi terkait kondisi kehamilan Anda. Sehingga mereka bisa merekomendasikan facial apa yang aman untuk digunakan.

Jenis Facial Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil

Berikut jenis facial yang aman bagi ibu hamil:

1. Deep cleansing facial

Deep cleansing facial adalah salah satu jenis facial wajah yang aman digunakan saat hamil. Jenis facial ini cocok untuk ibu hamil yang mengalami masalah kulit wajah berjerawat dan tidak kunjung sembuh. Deep cleansing facial ini juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Jenis facial ini akan membuat kulit wajah Anda menjadi halus. Perawatan wajah ini meliputi beberapa hal, seperti pijatan, ekstraksi, eksfoliasi, penggunaan masker, hingga proses akhir yaitu melembapkan kulit wajah.

2. Oxygen facial

Jenis facial yang satu ini juga aman untuk ibu hamil. Oxygen facial adalah jenis facial alami karena tidak menggunakan zat kimia tertentu yang berbahaya. Oxygen facial ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Menariknya lagi, jenis facial ini akan membantu mengurangi kerutan dan juga garis halus di wajah.

3. Hydrating facial

Hydrating facial berfungsi melembapkan dan membersihkan kulit dengan cara merangsang kolagen, elastin, dan air dalam kulit. Sehingga ini akan meremajakan sel kulit terdalam. 

Jenis facial wajah ini cocok dilakukan meskipun saat hamil, apalagi untuk ibu hamil yang memiliki masalah kulit kering.

Tips Aman Melakukan Facial bagi Ibu Hamil

Berikut beberapa tips aman yang perlu diperhatikan untuk dapat memastikan facial saat hamil tetap aman dilakukan.

  • Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan rekomendasi facial yang aman untuk ibu hamil
  • Beri tahu staf di salon atau klinik kecantikan yang didatangi bahwa Anda sedang hamil. Anda bisa bertanya untuk memastikan apakah mereka sudah terlatih menangani ibu hamil atau belum
  • Kenali jenis perawatan dan cari tahu apakah aman dan tidak menimbulkan efek samping pada kehamilan Anda
  • Pastikan jenis facial yang Anda lakukan tidak menggunakan bahan kimia, tindakan dengan arus listrik, ataupun dipijat.
  • Hentikan bila Anda mengalami iritasi atau tidak nyaman
  • Hindari penggunaan zat pencerah kulit atau produk yang mengandung asam salisilat. Jangan menggunakan zat pemutih yang keras atau pun krim penghilang bulu.

Wanita yang ingin melakukan facial saat hamil diperbolehkan, hanya saja perlu diperhatikan beberapa hal, seperti tidak menggunakan facial berbahan kimia berbahaya dan keras, atau tidak menggunakan terapi panas yang bisa membahayakan kondisi janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *