Menu Close

Ketahui Hal Ini Sebelum Memberi Anak Bebelac 3

bebelac 3

ASI merupakan satu-satunya makanan yang dibutuhkan oleh bayi pada 6 bulan pertama hidupnya. Pada saat bayi mulai mengonsumsi makanan padat atau MPASI, teruslah memberikannya ASI hingga ia berusia 2 tahun atau lebih. Orang tua dapat memberi anak susu formula seperti Bebelac 3 saat ia berusia 1 hingga 3 tahun karena banyak alasan. Anda bisa membeli susu formula jenis ini di toko atau supermarket. Gunakanlah susu formula ini sebelum tanggal kadaluwarsa yang tertera di kemasan. 

Anda mungkin ingin memberi anak susu formula seperti Bebelac 3 karena banyak alasan, salah satunya karena susu formula jenis ini direkomendasikan oleh dokter anak. Dokter anak Elisa Song menyatakan, meskipun ASI benar adanya sangat ideal untuk bayi, ada kalanya suplementasi susu formula karena alasan medis dibutuhkan. Menurut Dr. Song, menambahkan susu formula seperti Bebelac 3 dapat menjadi suatu cara yang baik apabila bayi tidak mengalami penambahan berat badan yang cukup atau tidak mengonsumsi ASI dengan baik. Terkadang, anak juga akan menderita sakit kuning atau jaundice, dan membutuhkan hidrasi lebih pada saat Anda menunggu pasokan ASI mengalir kembali. 

Beberapa orang perlu menambahkan formula karena alasan kesehatan yang dimilikinya. Misalnya, orang-orang dengan penyakit kronis atau mereka yang baru-baru ini mendapatkan operasi payudara akan memiliki gangguan dalam menyusui buah hati. Di sisi lain, mereka yang memiliki berat badan rendah atau memiliki kondisi thyroid juga dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang sedikit dan tidak cukup, meskipun pasokan yang rendah dapat terjadi pada siapa saja. Dr. Song melanjutkan, bahwa terkadang menyusui ASI perlu dihentikan untuk sementara waktu saat sang ibu sedang berada dalam kondisi pengobatan tertentu. Pada saat tersebut, penggunaan formula sangat dibutuhkan. Selain karena alasan medis, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan Anda memutuskan untuk menggunakan suplemen seperti susu formula, seperti para ibu yang tidak merasa nyaman menyusui anak di ruang publik. 

Memulai suplementasi dan masalah yang ditimbulkan

Pada saat Anda mempertimbangkan memberi bayi yang masih menyusu ASI sedikit formula, mungkin Anda bingung bagaimana proses memulai hal ini. AAP dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan para ibu untuk hanya memberi ASI secara eksklusif pada 6 bulan pertama masa kehidupan bayi. Pada periode penyesuaian, beberapa bayi akan mengalami masalah, seperti kesulitan minum formula dari botol, bayi kembung dan rewel setelah diberi formula, dan bayi enggan menggunakan botol. Namun, ketiga kondisi tersebut cukup lazim dijumpai, dan Anda bisa mengatasinya dengan mudah, seperti dengan memposisikan bayi pada saat makan. 

Banyak ibu yang memiliki suplemen seperti Bebelac 3 juga merasa takut bahwa si kecil tidak akan mendapatkan cukup nutrisi ketika formula diperkenalkan. Meskipun benar adanya bahwa formula tidak mengandung antibodi yang sama dengan ASI, susu formula seperti Bebelac 3 telah melewati beragam pengujian nutrisi sebelum akhinya dibolehkan untuk dijual. 

Kita semua mungkin pernah mendengar bahwa ASI adalah yang terbaik untuk bayi. Dan pernyataan tersebut benar adanya mengingat menyusui ASI dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk bayi dan ibu. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan agar bayi Anda mendapatkan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama hidupnya, dan terus diberikan hingga bayi usia 2 tahun. Anda boleh memberikan susu formula seperti Bebelac 3 saat anak berusia 1 hingga 3 tahun. 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/baby/supplementing-with-formula#choosing-a-formula
https://www.healthlinkbc.ca/healthlinkbc-files/formula-before-you-start

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *