Menu Close

Manfaat Dettol Antiseptik untuk Penggunaan Sehari-hari

Dettol Antiseptik

Dettol antiseptik merupakan cairan yang efektif membunuh kuman penyebab penyakit. Dettol antiseptik juga bisa berfungsi sebagai cairan disinfektan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan permukaan benda ataupun lantai dari kuman.

Apa Itu Antiseptik?

Antiseptik merupakan cairan yang berguna untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Antiseptik lebih sering digunakan di rumah sakit untuk membersihkan kulit pasien serta mengurangi risiko infeksi saat prosedur operasi atau pengambilan darah dilakukan.

Jenis Antiseptik

Berikut beberapa jenis antiseptik yang sesuai dengan kegunaannya:

  • Chlorhexidine: Berguna untuk membersihkan luka dan kandung kemih.
  • Antibacterial dye: Untuk mengobati luka dan luka bakar.
  • Peroxide dan permanganate: Sering digunakan untuk obat kumur dan luka terbuka.
  • Halogenated phenol derivative: Sebagai larutan pembersih.
  • Quinolone derivative: Untuk mengobati luka dan sebagai bahan obat pelega tenggorokan.

Manfaat Dettol Antiseptik

Antiseptik sendiri memiliki fungsi sebagai cairan pembersih luka. Sehingga bisa membunuh kuman yang ada pada luka. Selain itu, Dettol antiseptik juga banyak memiliki fungsi lainnya yaitu:

1. Membersihkan Tubuh

Anda bisa menggunakan Dettol antiseptik dan mencampurkannya dengan air yang Anda gunakan untuk mandi. Mandi dengan menggunakan campuran air antiseptik bisa membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit yang menempel di kulit.

2. Membersihkan Lantai

Anda dapat mencampurkan cairan Dettol antiseptik dengan pembersih lantai untuk membunuh kuman yang berada di lantai. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki balita yang senang bermain di lantai

3. Mencuci Pakaian

Setelah bepergian keluar rumah, pakaian yang Anda gunakan terkontaminasi oleh bakteri dan kuman baik dari debu ataupun polusi. Untuk membunuh kuman dan bakteri tersebut, Anda bisa mencampurkan cairan antiseptik ke dalam air rendaman cucian. Bukan hanya baju, Anda juga bisa menggunakan Dettol antiseptik untuk mencuci masker kain yang Anda gunakan sehari-hari atau popok yang bayi Anda gunakan.

4. Membersihkan Mainan Anak

Mainan anak yang sering dimainkan, bisa mengandung banyak bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan penyakit pada anak. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan Dettol antiseptik sebagai campuran cairan untuk membersihkan mainan.

5. Membersihkan Luka

Luka yang tidak dibersihkan dengan baik dapat membuat mikroorganisme berkembang biak sehingga bisa menyebabkan infeksi dan permasalahan lainnya karena luka terbuka dapat terkontaminasi oleh bakteri dan kuman. Anda bisa membasuh luka dengan Dettol antiseptik, namun bersihkan luka terlebih dahulu dengan air bersih.

Dettol antiseptik dapat Anda gunakan untuk luka seperti lecet, goresan atau gigitan serangga.

6. Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan tempat dimana kuman dan bakteri bisa berkembang biak dengan bebas. Salah satu bakteri yang terdapat di kamar mandi adalah E.coli yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti diare.

7. Membersihkan Permukaan

Meski terlihat bersih, permukaan benda yang berada di rumah bisa mengandung banyak kuman dan bakteri. Bakteri dan kuman tetap bisa bertahan di permukaan benda mati tanpa membutuhkan inang. Karena itu, Anda bisa menggunakan Dettol antiseptik untuk membersihkan permukaan benda di rumah.

Apakah Penggunaan Antiseptik Benar-benar Aman?

Penggunaan antiseptik khususnya untuk mandi, tidak boleh Anda gunakan setiap hari karena bisa membuat bakteri kebal sehingga lebih sulit untuk dihilangkan. Selain itu, jangan menggunakan antiseptik untuk luka sebagai berikut:

  • Cedera pada mata
  • Luka dalam atau luka yang berukuran besar
  • Luka bakar parah
  • Gigitan hewan, karena sebaiknya Anda langsung menemui dokter saat mendapatkan gigitan dari hewan.

Anda bisa menggunakan Dettol antiseptik untuk kebersihan peralatan rumah tangga dan sebagai P3K saat anak terluka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *