Menu Close

Menjalani Tes Alergi di Laboratorium Klinik Prodia Makassar

Setiap orang bisa saja memiliki alergi terhadap zat-zat tertentu. Untuk mengetahui kondisi alergi, Anda bisa melakukan tes alergi di Laboratorium Klinik Prodia Makassar

Laboratorium ini menyediakan layanan medis untuk berbagai jenis pemeriksaan, salah satunya tes alergi. Anda bisa menggunakan hasil tes Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter nantinya.

Apa itu tes alergi di Prodia Makassar?

Tes alergi merupakan rangkaian pemeriksaan yang dilakukan untuk menentukan apakah tubuh Anda memiliki alergi atau tidak. Hasil tes ini juga akan memberikan informasi mengenai kandungan-kandungan yang bisa memicu reaksi alergi Anda. 

Pemeriksaan yang dilakukan untuk tes alergi bermacam-macam, meliputi tes darah, tes kulit, dan jenis tes lainnya. 

Perlu diketahui, alergi adalah kondisi yang sangat umum dan wajar. Ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap kandungan tertentu di lingkungan Anda. Biasanya, reaksi ini tidak berbahaya.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus, ada juga reaksi alergi yang memicu risiko lebih tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apakah Anda memiliki alergi atau tidak dengan menjalani tes alergi.

Macam-macam pemeriksaan tes alergi

Anda bisa menjalani tes alergi di Laboratorium Klinik Prodia Makassar sesuai kebutuhan. Umumnya, rangkaian tes akan melibatkan prosedur sebagai berikut: 

  • Tes kulit

Tes kulit dilakukan guna mengetahui beberapa alergen yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi. Alergen ini meliputi alergen yang berada di udara, alergen pada makanan, dan lain-lain.

Tes kulit untuk pemeriksaan alergi melibatkan tiga jenis tes, yaitu tes gores, intradermal, serta tes tempel. 

Ketika menjalani tes, alergi atau zat pemicu alergi akan ditempatkan pada cairan. Kemudian, cairan itu akan dipaparkan ke kulit Anda menggunakan alat khusus. 

  • Tes darah

Di Laboratorium Klinik Prodia Makassar, tes alergi juga bisa melibatkan tes darah. Biasanya, tes darah dilakukan apabila berdasarkan hasil tes kulit ditemukan bahwa Anda memiliki reaksi alergi yang cukup parah.

Pihak laboratorium akan mengambil darah Anda sebagai sampel. Sampel darah tersebut kemudian akan diuji di laboratorium dengan melihat terbentuknya antibodi yang melawan zat alergen tertentu.

Bisa dibilang, hasil dari tes darah sangat efektif untuk memeriksa reaksi alergi. Oleh sebab itu, ini merupakan tes yang sangat umum dalam rangkaian pemeriksaan alergi.

  • Tes diet eliminasi

Ada juga pemeriksaan alergi di Laboratorium Klinik Prodia Makassar dengan tes diet eliminasi. Diet eliminasi dilakukan dengan menentukan jenis-jenis makanan untuk dikonsumsi atau dihindari selama periode tertentu.

Berdasarkan hasil tes ini, dokter bisa mendeteksi makanan mana saja yang menyebabkan alergi Anda. Reaksi yang Anda alami akan membantu menentukan makanan apa saja yang memicu masalah alergi, mulai dari alergi ringan hingga alergi yang parah.

Ketiga jenis tes di atas adalah jenis tes yang paling sering dilakukan dalam rangkaian pemeriksaan alergi. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tes-tes tersebut ke pihak laboratorium secara langsung.

Pemeriksaan alergi yang dilakukan di laboratorium klinik akan dipandu oleh tenaga medis yang profesional. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kredibilitasnya.

Sebelum melakukan pemeriksaan, ada baiknya Anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda. Dokter bisa memberikan arahan mengenai apa yang perlu dipersiapkan untuk melakukan tes alergi.

Laboratirium Klinik Prodia Makassar sudah bekerja sama dengan banyak sekali rumah sakit serta klinik kesehatan di area Makassar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *