Menu Close

Perbedaan Dry Shampoo dengan Jenis Hair Powder

dry shampoo

Keramas adalah salah satu ritual yang hampir disukai kaum hawa. Selain membuat Anda lebih segar, keramas menjadi kegiatan yang dapat memberikan Anda relaksasi setelah melewati hari yang berat. Akan tetapi, di sisi lain, keramas terutama di pagi hari membuat  Anda sulit mengeringkannya dan harus buru-buru karena takut terlambat pergi ke kantor. 

Untungnya, sekarang Anda perlu khawatir, karena sudah tersedia dry shampoo sehingga tidak perlu keluar dengan rambut yang basah. Akan tetapi, manakah yang lebih baik antara dry shampoo dengan hair powder? Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. 

Anda sebenarnya tidak perlu mencuci rambut setiap hari. Ketika Anda membiarkan minyak alami meresap ke dalam rambut, maka rambut bisa menjadi lebih sehat. Akan tetapi, ketika Anda mulai memiliki penumpukan di kulit kepala, maka hal ini dapat menyebabkan kulit kepala Anda mudah teriritasi atau gatal, karena tidak pernah mencuci rambut dalam waktu cukup lama.

Hair Powder

Hair powder merupakan bubuk kering yang memiliki tekstur sangat halus dan ringan dan umumnya tidak memiliki wewangian. Penggunaan hair powder akan memberikan hasil akhir yang kering dan matte. Bahan utama hair powder adalah silika silikat, yang merupakan jenis partikel silika dengan sifat fisik yang unik. 

Rambut Anda biasanya akan terasa kasar dan sedikit bergerigi yang membuat Anda merasakan semacam gesekan di antara rambut. Akan tetapi, hair powder bisa memberikan efek volume yang penuh sesuai apa yang Anda inginkan.

Untuk jenis rambut tertentu dengan tekstur rambut lebih halus akan menciptakan volume lebih padat sepanjang hari, sehingga terlihat lebih tebal. Menggunakan hair powder sebagai pra-penata gaya adalah salah satu pilihan terbaik untuk memberikan volume pada gaya rambut Anda. 

Anda dapat menggunakan hair powder dengan menaburkannya pada akar atau seluruh kepala. Pastikan untuk menutupi setiap bagian rambut yang Anda inginkan untuk tambahan volume. Sebarkan dengan ujung jari untuk memastikan tidak ada konsentrasi tinggi dalam satu lokasi dan untuk memastikan cakupan yang merata. Pastikan tidak ada gumpalan putih pada rambut karena terlalu banyak memberikan hair powder di satu tempat. 

Dry Shampoo 

Dry shampoo merupakan produk yang tengah populer saat ini. Dry shampoo umumnya mengandung alkohol atau produk berbasis pati yang datang dalam tiga bentuk, yaitu bubuk kering, semprotan aerosol, atau dalam cairan. Dry shampoo dapat dijadikan sebagai pengganti yang lengkap untuk mencuci rambut.

Anda bisa menggunakannya dan tetap perlu keramas dan mengkondisikan rambut dan kulit kepala secara rutin untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, kotoran agar tetap sehat dan bersih. Tetapi jika Anda ingin menyegarkan penampilan di penghujung hari atau bahkan memperpanjang waktu antara keramas, maka Anda dapat menggunakan dry shampoo

Meskipun dry shampoo tidak benar-benar dapat membersihkan rambut dan kulit kepala, namun dry shampoo dapat membantu rambut Anda terasa kurang berminyak dan menyerap minyak berlebih yang cenderung membebani rambut.

Anda dapat mengoleskan dry shampoo ke bagian rambut yang berminyak terutama bagian akarnya. Jika menggunakan dry shampoo aerosol, jauhkan tabung sekitar 6 inci saat menyemprot untuk mencegah terlalu banyak dry shampoo yang terkumpul di satu area. Sisir atau sikat area yang terlalu banyak dan sebarkan secara merata. Dry shampoo  akan secara efektif menyerap minyak di rambut sehingga menghasilkan tampilan yang segar tanpa perlu repot mencuci, mengkondisikan, mengeringkan rambut, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *